Skip to content

Tips Sukses Memulai Usaha Berjualan Bakso

Spread the love

Bakso merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia yang bisa dinikmati semua kalangan mulai dari anak – anak hingga dewasa. Pedagang bakso pun sangat banyak mulai dari pedagang keliling, sampai restoran besar.  Harganya yang relatif terjangkau pun membuat bakso sangat digemari semua kalangan. Peluang usaha makanan yang satu ini memang selalu menjadi favorit banyak pelaku usaha dengan ciri khas dan keunikannya masing – masing.

Kenapa Bakso Menjadi Favorit?

Bakso dibuat dari bahan baku yang mudah ditemui, di antaranya yaitu gilingan daging sapi yang dicampur tepung tapioka dan bumbu – bumbu lain yang dibentuk menjadi bentuk bola – bola kecil. Selain daging sapi, varian jenis daging lain pun bisa menjadi pilihan, seperti daging ayam dan ikan. Dalam satu porsi mangkok bakso, terdapat bahan lain seperti mie atau bihun dan sayuran – sayuran serta siraman kuah panas yang membuat bakso semakin nikmat disantap.

Meski banyak sekali pedagang bakso yang bisa ditemui di mana saja, peluang usaha makanan ini tetap memiliki potensi yang menjanjikan karena beberapa hal, di antaranya:

  • Digemari banyak orang

Cita rasa dalam satu mangkok bakso sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Semua kalangan baik tua maupun muda, gemar menikmati bakso.

  • Bahan sederhana dan mudah dibuat

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat bakso sangat mudah ditemukan. Bahkan tersedia tempat khusus penggilingan daging yang menyediakan olahan daging yang sudah berbentuk bakso.

  • Mudah dikreasikan

Bakso juga mudah dikreasikan dengan berbagai bentuk yang tidak hanya berbentuk bola kecil saja. Selain itu, bakso bisa dikreasikan dengan beragam varian seperti bakso mercon, bakso keju, dan sebagainya.

  • Bisa dimulai dengan modal kecil

Mungkin untuk membuka warung bakso dengan tempat khusus seperti rumah makan bakso atau restoran, akan membutuhkan modal yang besar. Namun, jika Anda memiliki modal yang tidak terlalu besar, bisa dimulai dari berjualan menggunakan gerobak kecil.

Tips Sukses Memulai Usaha Bakso

Peluang usaha makanan bakso masih menjadi pilihan dengan potensi yang menjanjikan jika dikelola dengan baik dan strategi pemasaran yang baik pula. Berikut ini, beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ingin memulai usaha berjualan bakso.

  1. Menentukan lokasi berjualan

Dalam menjalankan usaha, pemilihan lokasi menjadi hal yang sangat penting. Lokasi yang strategis bisa meningkatkan penjualan Anda secara signifikan. Pilihlah lokasi yang strategis seperti area perkantoran, sekolah, atau kampus, karena banyak orang akan mencari tempat makan yang paling dekat dengan area mereka.

Lokasi di sekitaran stasiun atau terminal pun bisa menjadi pilihan yang bagus dengan target orang – orang yang singgah sejenak dari bepergian atau sebelum bepergian jauh. Jika Anda belum mempunyai tempat khusus untuk Anda berjualan, Anda juga bisa menjualnya dengan cara online memanfaatkan jasa pesan antar.

  1. Menentukan harga jual terbaik

Tips berikutnya yaitu Anda perlu menetapkan harga jual dengan menghitung harga pokok dan keuntungan yang akan Anda dapat di tiap porsi bakso yang Anda jual. Namun, pastikan bahwa harga jual kamu tidak terlalu tinggi dari harga pasaran agar bakso Anda tetap menarik di pasaran.

  1. Mengutamakan kualitas rasa

Rasa adalah yang utama dalam menjalankan usaha bakso. Anda mungkin bisa berinovasi dengan membuat varian menu bakso, namun, tetap harus mengutamakan kualitas rasa dari bakso yang Anda jual. Jangan sampai inovasi Anda malah merusak rasa bakso yang Anda jual.

  1. Memberikan pelayanan yang baik

Jika Anda memiliki rasa yang enak dan lezat untuk bakso Anda, tapi pelayanan yang Anda berikan kepada pelanggan kurang memuaskan, hal tersebut akan membuat pelanggan enggan membeli bakso di tempat Anda. Selalu berikan pelayanan yang ramah dan terbaik agar pelanggan merasa nyaman dan puas saat makan bakso di tempat Anda.

  1. Memberikan diskon

Selain pelayanan, Anda juga perlu sesekali memberikan diskon kepada pelanggan. Lebih baik lagi jika Anda memberikan diskon khusus kepada pelanggan setia bakso Anda. Hal tersebut akan membuat pelanggan tertarik untuk membeli bakso Anda dan bukan tidak mungkin akan merekomendasikan ke orang lain untuk membeli bakso di tempat Anda.

  1. Melakukan strategi promosi

Hal yang tidak kalah penting yaitu melakukan strategi promosi untuk menarik minat pelanggan. Lakukan promosi yang bisa memberikan keuntungan untuk pelanggan, misalnya gratis minuman saat membeli bakso di tempat Anda. Namun, promosi tersebut juga harus sudah masuk hitungan agar Anda tidak merugi.

Itu dia beberapa tips untuk memulai usaha berjualan bakso. Memanfaatkan peluang usaha makanan bakso dan potensi – potensinya sebagai pilihan usaha Anda akan menjadi hal yang menguntungkan jika Anda menjalankannya dengan pengelolaan yang baik serta pemasaran yang tepat dengan tetap mempertahankan kualitas produk Anda.