Skip to content

Tips Membuka Usaha Ayam Geprek untuk Pemula

Spread the love

Peluang usaha kuliner hingga saat ini masih menjadi primadona. Salah satunya yaitu peluang usaha ayam geprek. Ayam yang digeprek dengan sambal pedas ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia.

Membuka usaha ayam geprek juga bukanlah hal yang sulit dilakukan, asalkan kamu memahami cara yang tepat dan bagaimana mengembangkan bisnis kamu. Mengingat saat ini banyak sekali usaha ayam geprek yang sudah ada di masyarakat.

Usaha ayam geprek ini biasanya paling laris lewat aplikasi ojek online, apalagi jika kamu menambahkan promo di dalamnya. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan usaha ayam geprek, kami akan berikan beberapa tips suksesnya agar ayam geprek kamu dikenal banyak orang dan laris manis.

Memulai Usaha Ayam Geprek untuk Pemula

Berikut ini tips yang paling ampuh untuk membangun usaha ayam geprek untuk pemula:

  1. Pilih Lokasi Usaha

Hal pertama yang harus dilakukan adalah pilih lokasi usaha. Misalnya kamu hanya memiliki dana terbatas, maka kamu bisa buka usahamu di rumah saja. Kamu bisa menggunakan aplikasi ojek online untuk semua proses pembelian.

Jadi kamu hanya melayani transaksi lewat ojek online atau pemesanan online lainnya. Cara ini cukup menghemat uang, apalagi jika kamu memiliki modal terbatas.

  1. Buat Business Plan

Setelah menentukan lokasi, kamu juga perlu membuat business plan. Ini merupakan rencana yang akan kamu jalankan untuk membangun bisnis ayam geprek sambal pedas. Di business plan, kamu bisa menulis apa pun yang bisa membuat bisnismu semakin berkembang.

Business plan termasuk salah satu kunci suksesnya sebuah usaha. Sebab kamu juga akan menuliskan solusi jika terjadi suatu masalah di masa depan.

  1. Siapkan Bahan dan Peralatan

Langkah selanjutnya yaitu kamu perlu mempersiapkan bahan dan peralatan. Belilah peralatan yang sesuai dengan budget yang sudah kamu tetapkan.

Kamu bisa mulai membeli rice cooker, kompor, wajan penggorengan dan peralatan memasak lainnya. Kamu juga perlu mencari daging ayam berkualitas, bumbu pilihan dan pelengkap masakan kamu agar enak.

  1. Hitung Biaya Operasional

Kamu juga perlu menghitung biaya operasional, apalagi saat bahan pangan sedang naik. Seperti cabai yang menjadi bahan utama sambal pedas ini kadang harganya naik cukup signifikan.

Anda juga harus menemukan solusi jika harga cabai mahal, misalnya Anda bisa membuat kebun cabai sendiri atau mencari petani cabai yang bisa memberikan harga murah. Sebab cabai menjadi kunci sukses dari usaha ayam geprek ini.

  1. Ikuti Tren

Usaha ayam geprek rupanya sudah lama ada di Indonesia dan sudah banyak juga yang memiliki usaha ini. Oleh sebab itu Anda perlu mengikuti tren. Misalnya ayam geprek apa yang paling laris, seperti ayam geprek mozzarella, ayam geprek mentai dan sebagainya.

Dengan mengikuti tren, maka usaha kamu bisa lebih maju dan berbeda dengan usaha ayam geprek lainnya.

  1. Promosi

Jangan lupa untuk siapkan konten promosi. Misalnya kamu bisa menggunakan Instagram untuk mempromosikan usaha ayam geprek kamu, atau bisa meminta teman-temanmu membeli dan mereview makananmu.

Ayam geprek dengan sambal pedas ini pastinya cocok di lidah orang Indonesia. Kuncinya kamu bisa menciptakan rasa ayam goreng yang enak, bumbunya pas, rasa pedas yang bisa disesuaikan dan makanan pelengkap lainnya.

Apalagi jika kamu menambah diskon saat grand opening, pastinya banyak orang yang akan penasaran dengan usaha ayam geprek milikmu.