Skip to content

Peluang Usaha Makanan Ringan atau Snack

Spread the love

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai sebuah usaha atau bisnis yaitu tentang ide. Ide tersebut dapat muncul karena kejelian seseorang dalam melihat peluang. Peluang usaha makanan maupun usaha – usaha dalam bentuk barang yang lain dapat terlaksana dengan baik karena pengelolaan dan pemasaran yang tepat pula.

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang dekat dengan semua kalangan salah satunya yaitu mencamil atau menikmati makanan ringan atau snack. Sebagian besar orang selalu menikmati cemilan sembari melakukan kegiatan seperti menonton TV, mengobrol, ataupun sembari melakukan pekerjaan. Kehadiran berbagai jenis makanan ringan juga menjadi pilihan yang tepat bagi mereka untuk dinikmati saat santai dan berkumpul bersama teman – teman maupun keluarga.

Peluang Usaha Makanan Ringan

Dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang gemar menikmati camilan tersebutlah muncul peluang usaha makanan ringan yang bisa Anda manfaatkan. Dengan potensi permintaan pasar yang tinggi tersebut, Anda bisa memanfaatkan menjadi keuntungan dengan berbisnis makanan ringan. Jenisnya pun beragam. Anda bisa mencoba memulai usaha makanan ringan dari menjual makanan ringan atau snack kiloan.

Usaha makanan ringan atau snack kiloan ini merupakan usaha yang memiliki target pasar yang fleksibel karena makanan ringan bisa dinikmati oleh siapa pun mulai dari anak – anak hingga orang dewasa dan dinikmati kalangan mana pun.

Ide Usaha Makanan Ringan

Dari sekian banyaknya jenis makanan ringan yang bisa Anda jual, berikut ini beberapa contoh makanan ringan yang bisa Anda jadikan referensi usaha Anda.

  1. Makaroni

Agaknya, makaroni merupakan salah satu camilan favorit masyarakat Indonesia. Makaroni juga bisa dibuat berbagai varian rasa seperti asin, pedas, manis, atau rasa lainnya seperti, balado, keju, barbeque, dan sebagainya. Untuk mengemas produk makaroni ini, Anda bisa mendapatkan makaroni dalam jumlah kiloan yang kemudian Anda kemas dalam kemasan kecil yang ekonomis atau Anda juga bisa memproduksi sendiri makaroni tersebut dari bahan mentah lalu Anda olah sendiri.

  1. Keripik kentang

Sama halnya dengan makaroni, keripik kentang bisa Anda variasikan rasanya seperti, asin, manis, pedas, dan rasa – rasa lainnya. Keripik kentang merupakan salah satu yang menjadi favorit semua kalangan dan banyak dijual oleh produsen kecil maupun besar.

  1. Mie lidi pedas

Makanan ringan berikutnya yang cukup menjadi favorit belakangan ini adalah mie lidi pedas. Tidak hanya rasa pedas, Anda juga bisa menyediakan variasi rasa lain seperti asin, rasa jagung, keju, barbeque, dan lain – lain.

  1. Popcorn

Popcorn sangat cocok untuk menemani waktu bersantai atau saat menonton film. Popcorn ini dapat Anda kemas ke dalam kemasan ekonomis yang Anda repack sendiri dengan berat tertentu sesuai keinginan Anda.

Tips Berjualan Makanan Ringan Atau Snack

Dari beberapa contoh makanan ringan atau snack di atas, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa Anda jadikan produk makanan ringan yang berasal dari makanan ringan kiloan yang Anda repack atau kemas ulang sendiri. Berikut ini adalah sedikit tips untuk memanfaatkan peluang usaha makanan ringan atau snack.

  • Tentukan snack atau makanan ringan yang akan Anda jual

Pertimbangkan untuk menjual snack atau makanan ringan yang paling banyak dicari oleh konsumen agar tidak menumpuk stok terlalu banyak akibat jenis snack yang kurang diminati.

  • Temukan supplier terbaik

Untuk Anda yang tidak membuat atau memproduksinya sendiri, Anda akan menggunakan sistem belanja kiloan untuk kemudian Anda kemas ulang dengan kemasan kecil dan ekonomis. Oleh karena itu, temukan supplier penyedia makanan ringan yang Anda cari yang memiliki harga terbaik dan reputasi terpercaya serta kualitas produk yang terbaik.

  • Buat kemasan menarik

Anda bisa membuat merk sendiri dari kemasan snack yang Anda kemas ulang. Buatlah logo merk atau gambar yang menarik pada kemasan jual Anda.

  • Menentukan harga jual

Hitung harga modal untuk kemasan snack Anda, lalu hitung juga keuntungan baru kemudian Anda bisa tentukan harga jual produk Anda.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang peluang usaha makanan ringan untuk Anda yang ingin memulai berjualan makanan ringan atau snack.