Skip to content

Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Para Pemula

Spread the love

Bisnis berjualan makanan memang tidak akan pernah surut. Berbisnis kuliner agaknya selalu menjadi salah satu pilihan favorit bagi para pebisnis pemula. Peluang usaha makanan beserta ide inovasi – inovasinya selalu ada dalam pemikiran seseorang yang ingin memulai berbisnis.

Salah satu pilihan berbisnis yang memiliki peluang yang cukup bagus untuk dikembangkan yaitu makanan ringan. Permintaan pasar yang terbilang cukup tinggi untuk kebutuhan akan makanan ringan menjadikan bisnis makanan ringan ini menjadi salah satu pilihan favorit untuk memulai berbisnis bagi pemula.

Selain modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, penikmat makanan ringan juga tidak terbatas usia. Mulai dari anak – anak hingga dewasa semua dapat menikmati makanan ringan, sehingga berbisnis makanan ringan ini cukup menjanjikan.

Namun, dengan banyaknya peluang usaha makanan ringan ini, Anda perlu mencermati hal – hal yang membuat bisnis Anda nantinya terus berkembang dan sukses di pasaran.

Tips Sukses Berbisnis Makanan Ringan

Berikut ini, sedikit tips untuk Anda yang ingin berbisnis makanan ringan.

  1. Menjaga kualitas

Makanan ringan dengan kualitas bahan baku yang terbaik, kualitas pengolahan dan pengemasan terbaik dapat meningkatkan value produk makanan ringan yang Anda jual.

  1. Inovasi

Dalam hal berbisnis, akan selalu membutuhkan inovasi, baik dari segi produk, pelayanan, dan pemasaran. Teruslah berusaha melakukan inovasi dalam bisnis makanan ringan Anda.

  1. Melayani pelanggan

Sebagai pelaku bisnis, pelanggan adalah nomor satu. Selalu berikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan Anda tanpa terkecuali. Berikan kesan yang mendalam kepada pelanggan sehingga membuat mereka kembali pada produk Anda. Serta berikan juga reward kepada pelanggan dengan memberikan diskon khusus, misalnya.

  1. Strategi pemasaran yang tepat

Buatlah strategi pemasaran untuk produk Anda. Bisa dengan memanfaatkan media sosial, memberi reward pada konsumen dengan tukar jasa promosi, dan sebagainya.

  1. Optimis dan visioner

Menjadi seorang pelaku bisnis berarti Anda harus selalu berpikir visioner dan selalu optimis dalam menjalankan usaha Anda.

Setelah mendapatkan beberapa tips untuk menjalankan bisnis makanan ringan, kini saatnya untuk mengetahui beberapa ide usaha makanan ringan yang bisa Anda terapkan.

Ide Bisnis Makanan Ringan

Banyaknya jenis makanan ringan, terkadang membuat Anda bingung saat ingin memulai berbisnis makanan ringan. Berikut ini, beberapa ide peluang usaha makanan ringan yang membutuhkan modal yang terbilang fleksibel dan tidak terlalu besar.

  1. Aneka jus buah

Berjualan aneka jus buah tidak memerlukan keterampilan khusus. Anda hanya perlu menerapkan resep terbaik untuk membuat jus dengan berbagai macam varian buah – buahan yang banyak pilihannya. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis aneka jus juga tidak terlalu besar.

  1. Roti bakar

Bisnis makanan ringan satu ini, banyak celah untuk Anda melakukan inovasi produk. Di samping itu, varian dari jenis roti pun bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan produk yang unik dan menarik di pasaran. Tempat berjualannya pun tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda bahkan bisa melakukannya dari dapur rumah dan menjual produk Anda melalui sistem order online.

  1. Minuman dingin

Produk satu ini selalu menjadi favorit banyak orang. Membuat inovasi produk minuman pun sangat mudah dengan menggunakan kreativitas dan pemilihan bahan baku yang tepat, Anda bisa memiliki produk minuman yang laris di pasaran.

  1. Aneka keripik

Berjualan berbagai macam keripik terbilang cukup menjanjikan. Banyak orang mencari keripik untuk menemani kegiatan bersantai mereka. Anda juga bisa menjual bermacam – macam jenis keripik seperti keripik kentang, singkong, keripik pisang, dan lainnya dengan inovasi – inovasi yang Anda ciptakan.

  1. Tahu kremes

Tahu kremes ini adalah tahu yang digoreng dengan dibaluri tepung garing yang membuatnya sangat renyah saat dimakan. Peminat dari produk ini pun semakin banyak, Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan berjualan tahu kremes buatan Anda.

  1. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau merupakan makanan ringan yang bergizi tinggi. Membuatnya pun sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan area kampus, sekolah, perkantoran, atau di pinggir jalan untuk berjualan bubur kacang hijau ini.

  1. Singkong keju

Camilan atau makanan ringan singkong keju saat ini masih menjadi favorit di banyak kalangan masyarakat. Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Dengan memberi sedikit variasi rasa pada singkongnya, menjadikan produk Anda terlihat lebih menarik dari segi rasa.

  1. Kebab

Makanan ringan asal turki ini kenyataannya belum surut dari permintaan pasar. Kebab masih menjadi makanan ringan favorit untuk dijadikan cemilan yang sering dicari saat sore hingga malam hari. Berjualan kebab pun Anda tidak perlu repot untuk memulai semuanya dari nol, karena saat ini banyak model bisnis franchise atau waralaba kebab.

  1. Dimsum

Dimsum ini sebenarnya adalah jenis makanan ringan khas Korea, namun peminatnya sangat ramai di Indonesia. Anda juga bisa menjual dimsum dengan varian cepat saji atau varian dimsum frozen yang bisa disajikan kapan pun oleh pelanggan.

  1. Gorengan

Jenis makanan ringan ini mungkin paling banyak peminatnya, karena Anda bisa menyediakan banyak jenis gorengan dengan harga murah meriah namun tetap laris. Bahan baku yang dibutuhkan serta modalnya pun tidak terlalu besar yang membuat gorengan menjadi pilihan ide bisnis makanan ringan.

Itulah beberapa ide peluang usaha makanan ringan yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk memulai berbisnis meskipun Anda seorang pemula. Dengan menerapkan ide dan tips yang disebutkan di atas Anda bisa menjadikan bisnis Anda laris manis di pasaran.