Skip to content

6 Tips Bisnis Parcel Lebaran Agar Laris

Spread the love

Setiap musim lebaran, bisnis parcel sepertinya selalu laris manis dilakoni. Tak heran jika ada banyak pelaku bisnis yang kemudian secara dadakan banting setir beralih ke bisnis parcel saat musim lebaran tiba. Dan saat ini bidang Bisnis & UKM pun melihat peluang tersebut dan memiliki inisiatif untuk memberikan pelatihan terkait usaha tersebut seperti pelatihan untuk membungkus dan merangkai isian parcel dengan indah.

Simak 6 Tips Bisnis Parcel Agar Laris Manis

Menjalankan bisnis parcel memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Jika Anda tak memiliki trik dan tips untuk menjalankannya, maka mungkin bisnis akan sepi tanpa pembeli. Bagaimana cara agar supaya bisnis parcel lebaran tetap laris manis meski ada banyak pesaingnya?

  1. Miliki konsep dan ide parcel yang khas

Tips yang pertama adalah untuk memiliki konsep dan ide untuk membuat parcel khas lebaran yang khas serta unik. Dari mulai jenis isian parcel yang lain daripada yang lain, bentuk atau wadah parcel yang estetik atau multifungsi hingga cara pembuatan parcel yang unik.

  1. Dapatkan supplier yang sesuai

Tips berikutnya menurut Bisnis & UKM adalah untuk mendapatkan supplier yang sesuai dengan kebutuhan isian bisnis parcel Anda. Usahakan untuk bisa melakukan survey untuk mendapatkan supplier yang tepat sehingga bisa memudahkan jalannya bisnis yang Anda lakoni.

Seperti bisa menyediakan stok barang sesuai pesanan dalam waktu cepat, siap mengantarkan pesanan ke kantor bisnis Anda, siap bekerja sama serta memberikan harga bersaing untuk bisnis Anda dan lain sebagainya.

  1. Isi parcel dengan produk berkualitas

Anda pun pastinya tahu seperti apa bentuk dan apa saja isian parcel lebaran yang ada saat ini. Dari mulai isian kebutuhan harian seperti gula, teh, kopi, roti kaleng, sirup hingga makanan ringan untuk anak-anak. Namun umumnya isian hanya dipilih sekedarnya yang penting ada barang yang terlihat dan dicarikan dengan harga yang termurah.

Nah agar supaya parcel Anda lain dari pada yang lain, isi parcel Anda dengan produk yang sama namun berkualitas. Maksudnya adalah produk yang ada di parcel Anda adalah produk pilihan. Yang artinya, semua produk tersebut akan habis digunakan oleh penerima parcel bukan hanya diterima namun tak dipakai karena misalnya kurang disukai rasa produknya.

  1. Ketahui dan pelajari teknik membungkus serta merangkai isi parcel

Tips yang ke empat adalah untuk mengetahui sekaligus mempelajari keahlian serta teknik untuk membungkus parcel. Bagaimanapun juga, parcel yang bagus adalah bukan hanya yang terbungkus dengan menarik namun juga yang disusun dengan rapi dan indah.

  1. Lakukan pemasaran dan tentukan target pasarnya

Jangan lupa untuk menentukan siapa saja target pasar untuk bisnis parcel lebaran Anda sesuai dengan isian parcel yang Anda buat. Buat dan lakukan pemasaran bisnis dengan efektif menggunakan beberapa strategi pemasaran yang bagus khususnya untuk bisnis parcel lebaran.

  1. Gunakan media sosial untuk promosi

Agar supaya jangkauan bisnis Anda semakin luas, akan lebih baik jika Anda menggunakan media sosial yang ada sebagai sarana promosi untuk bisnis parcel milik Anda tersebut. Buat foto produk yang menarik lalu jangan lupa untuk memasang caption yang menarik dan menjual untuk produk parcel dalam bisnis Anda.

Ide Isian Parcel yang Trend dan Kekinian

Sesuai data Bisnis & UKM ada beberapa jenis isian parcel yang sedang trend dan kekinian di masyarakat masa kini. Anda juga bisa mengambil ide tersebut untuk menjadi isian parcel dalam bisnis yang akan dilakukan sehingga hasilnya lebih maksimal.

  • Satu set produk perawatan kulit

Isian berikutnya adalah set produk perawatan kulit yang umumnya terdiri dari sabun cuci muka, sabun badan hingga krim malam atau siang.

  • Produk kesehatan

Atau boleh juga membuat isian parcel dengan produk kesehatan khususnya untuk mendukung protokol kesehatan di masa seperti saat ini. Produk seperti masker, hand sanitizer hingga tali masker menjadi alat yang banyak diburu masyarakat saat ini.

  • Satu set kue lebaran

Dan isian parcel yang terakhir adalah satu set kue kering khas lebaran. Anda bisa memilih jenis kue kering yang banyak disukai masyarakat sehingga parcel tersebut akan banyak disukai banyak orang yang memiliki minat untuk berburu parcel terutama dalam bidang Bisnis & UKM.